Musim Umroh sudah selesai, kini semua penyelenggara haji & umroh sudah mulai disibukkan dengan persiapan haji. Berdebar-debar menunggu pengumuman, melakukan pelunasan, pembuatan surat dan penyetoran data ke berbagai bagian kementrian Agama menjadi warna-warni keseharian Zamzam.

Selain kegiatan administratif yang ribet, kegiatan yang gak kalah menguras energi adalah menerima banyaknya keluhan dan protes atas nama-nama yang belum keluar.

Bahwa sistem Kementrian Agama yang mengumumkan nama-nama yang berangkat dalam 4 tahap Pengumuman Pelunasan memang meresahkan dan melelahkan. Tapi mungkin itu memang system yang paling efisien versi Kemenag RI yang punya banyak staff ahli dan pasti memikirkan hal ini dengan baik.

Bahwa bukan hanya penyelenggara tapi juga peserta haji, harus mengetahui dan mempelajari dengan seksama tahap-tahap dari proses panjang ini, biar gak salah protes. Tapi memang itu hak para calon jamaah karena kita pada umumnya menganut ‘pembeli adalah raja’.

Bahwa apapun yang terjadi dan betapa melelahkannya hari-hari yang dilalui, tetap saja kami menikmatinya. Karena semua ini bagian dari khidmat kami sebagai penyelenggara Ibadah haji Khusus dan Umroh.

Salam khidmat! 🙂