Penjelasan Singkat Haji Khusus

Haji Khusus sepenuhnya diselenggarakan oleh swasta. Pemerintah hanya mengatur regulasi dan sistem pendaftaran yang mengacu pada pembatasan kuota pertahun sebesar 17.000 sampai 20.000. Pada Tahun 2013, Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia (KSA) memberlakukan kebijakan pengurangan kuota sebesar 20 % sehingga kuota Haji  Khusus menjadi 13.400.  Kuota tersebut dikurangi lagi jemaah tunda lunas 20 % tahun sebelumnya (2013) sehingga sisa kuota 10.200 untuk tahun 2014.  Secara teori maka waiting list/daftar tunggu Haji khusus menjadi 8 tahun. Setidaknya daftar tunggu akan berubah manakala pembangunan Masjidil Haram telah selesai, perkiraan sementara adalah tahun 2016.

Program Haji Khusus terdiri dari 2 paket yaitu Arbain dan Non Arbain. Arbain artinya berada di Kota Madinah untuk melalukan shalat wajib 40 waktu selama 8 hari berturut-turut di Masjid Nabawi. Lama Perjalanan biasanya 26 hari, sedang non arbain sekitar 15-18 hari.

Pada umumnya pola perjalanan haji khusus terbagi 5, yaitu :

  1. Program awal dengan transit
  2. Program awal langsung
  3. Program tengah
  4. Program akhir dengan transit
  5. Program akhir langsung


PT.  Zamzam  Travel
selama ini menggunakan program tengah  transit. Program ini adalah program yang paling sedikit  digunakan oleh travel karena biayanya cukup tinggi mengingat harga hotel-hotel pada masa tersebut middle seasson, yaitu  periode 25 Dzulqaddah hingga 05 Dzhulhijjah dan periode 14 Dzhuhijjah sampai 21 Dzulhijjah.  Pilihan pada program tengah transit, jemaah tidak mengalami kelelahan menjelang haji seperti program awal dan tidak home sick seperti program akhir.

Mengapa harus transit ?
Pemerintah Saudi Arabia menetapkan bahwa  semua  Jamaah pada tanggal 4 Dzulhijjah    harus meninggalkan kota Madinah. Sementara Hari Tarwiyah di Mina baru akan dibuka pada tanggal 8 Dzulhijjah. Lalu  kemana jemaah haji ditempatkan ?  di suatu kawasan sekitar kota Makkah yang lokasinya sebagian mendekati Mina (lokasi lontar Jumroh).

Disinilah para jemaah akan ditransitkan   sambil menunggu Mina dibuka, lebih kurang 4 hari. Fasilitas di tempat transit adalah apartemen  yang di isi  4 jemaah dalam satu kamar. Salah satu keuntungan tempat transit adalah lokasinya yang dekat dengan tenda Maktab di Mina, sehingga semua barang yang tidak diperlukan selama di Mina dapat disimpan dalam kamar. Ketika proses haji dimulai pada tanggal 8 Dzulhijjah sampai pada tanggal 13 Dzulhijjah  para jemaah dapat kembali ke tempat transit untuk istirahat, mandi atau kegiatan lainya ,  mengingat kondisi fasilitas tenda di Mina yang sangat terbatas dan padat.
Tujuan lain dari tempat transit ini adalah sebagai tempat bagi para jemaah untuk mempersiapkan diri  menjalani prosesi  ibadah haji yang  memerlukan kesiapan fisik dan mental. Diharapkan para jemaah berada dalam kondisi puncak  ketika berada di Arafah sehingga dapat meraih kemabruran.