Sebelum mengambil visa dan passport calon jamaah haji, PIHK (Penyelenggara Ibadah Haji Khusus) harus mengurus barcode ke Saudi Arabia. Barcode adalah stiker yang harus ditempelkan di paspor jamaah haji khusus sebagai persyaratan. Stiker itu merupakan tanda bukti bahwa penyelenggara haji khusus telah mengurus  seluruh akomodasi jamaahnya di Arab Saudi.

Barcode diberikan oleh manajemen haji Kementerian Haji Arab Saudi, jika PIHK  telah mendapatkan tempat penginapan (plus makan), transportasi, dan tenda Arafah, Muzdalifah, Mina (Armina). Sebagai salah satu PIHK, PT. Zamzam Sumbula Thoyyiba bertanggung jawab menyediakan penginapan, sarana transportasi dan konsumsi selama jamaah khusus berada di Tanah Suci termasuk tenda di Armina. Barcode diberikan jika penginapan yang diperoleh juga telah memenuhi standar yang ditetapkan Kementerian Pariwisata Saudi Arabia.

Selain dimulai pada waktu yang lebih telat (lebih dekat dengan musim haji-red) dari tahun-tahun sebelumnya, pengurusan barcode tahun ini juga memakan waktu yang lebih lama dari biasanya. Hal ini disebabkan oleh sistem yang baru dan belum terbiasanya para petugas pemerintah Saudi Arabia dengan sistem itu sendiri.

Akhirnya perjalanan pengurusan barcode jamaah haji yang langsung dilakukan oleh pimpinan Zamzam, Badruttamamam Ali Yafie, menjadi lebih panjang dari biasanya.